16.1.11

Machinarium


Yep, game keluaran tahun 2009 ini mungkin udah banyak yang pernah mainin. Gue secara ngga sengaja menemukan game ini di laptop gue, awalnya iseng - iseng mencoba main Machinarium lagi yang akhirnya malah keterusan. Game ini lumayan membuat kita "mikir" dengan puzzle dan minigamesnya. Machinarium dikembangkan oleh Amanita Design dan menurut gue berhasil membuat game 2D ini menjadi unik, khususnya dari segi artwork dan gameplay. Sangat impresif buat gue, bagaimana mereka menggabungkan genre point-and-click dengan puzzle/adventure ditambah background game yang sangat berseni, simple yet outstanding. Tema musik Machinarium yang "dingin" juga sesuai dengan tema game, berhasil membuat aura yang serius walaupun dengan penggambaran karakter yang sangat kartun. Sekedar tambahan, game ini tidak memiliki teks dialog sebagai penggantinya karakter yang berada di game ini mendeskripsikan omongannya dengan gambar yang simpel dan mudah dimengerti.

Dalam dunia Machinarium kita berperan sebagai robot lemah yang sering di bully oleh Black Cap Brotherhood dan satu - satunya keahlian yang dia miliki hanya meninggikan atau merendahkan badannya. Nah, tugas kita disini membantu si robot ini dalam petualangan untuk menyelamatkan kota dan pacarnya, tema cerita yang klasik. Di awal game robot ini berada di tempat pembuangan dengan tubuh yang berantakan lalu kita berusaha memasuki kota dan menuju puncak menara tertinggi yang berada di kota robot tersebut. Untuk dapat melanjutkan perjalanan kita harus menyelesaikan puzzle yang ada di setiap level. Pada setiap level kita diberikan hint yang hanya berguna untuk level tersebut dan tidak ada hubungannya dengan level lain. Ada juga walkthrough yang bisa terbuka dengan memainkan minigames, tetapi saran gue walkthrough ini hanya digunakan saat pikiran kita sudah stuck, biar seru.

Gameplay bagus, cerita bagus, gambar bagus lalu sisi jelek dari game ini apa ya ? Menurut gue satu - satunya nilai minus dari game ini terletak di sisi adiktifnya. Sangat menghabiskan waktu untuk membuat kita mikir, cocok untuk game di hari libur atau hari puasa. Lama menyelesaikan game ini relatif. Bagi orang - orang yang tidak ada kerjaan game ini bisa diselesaikan dalam waktu 2 hari. Bagi otaku bisa kurang dari sehari. Bagi yang cemen dan tidak menyukai tantangan bisa sekitar seminggu. Salah satu game ringan yang sangat gue rekomendasikan untuk dicoba. Oia, karena untuk mendownload game ini harus bayar mungkin bisa meminta file game ini di gue langsung atau bisa juga sekali - kali coba membajak game, hehe.

visual art :





For the picture, thanks to google and machinarium website.

trailer :

Machinarium by Amanita Design


Tidak ada komentar:

Posting Komentar